September 27, 2022

Poto bersama wisuda perdana Ma'had Aly Darussalam Blokagung Banyuwangi

Banyuwangi, amali.or.id –

Ma’had Aly merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) berbasis pesantren. Ma’had  Aly sendiri menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren. Hal itu tertuang dalam surat Dirjen Pendis Kemenag RI yang ditujukan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam tertanggal 18 Maret 2021 yang menyatakan bahwa lulusan Ma’had Aly berhak melanjutkan pendidikan pada program yang lebih tinggi baik yang sejenis maupun tidak.

Mengutip dari Minanews.net “Ijazah yang dikeluarkan penyelenggara Pendidikan Ma’had Aly diakui secara resmi. Silakan jika sarjana Ma’had Aly ingin menempuh sekolah pascasarjana di berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam,” lanjutnya.” tegas Waryono dalam webinar dan halaqoh nasional yang digelar Asosiasi Ma’had Aly se-Indonesia (AMALI), Jakarta, Rabu (9/9).

Adalah Fikri Alfian, wisudawan pertama Ma’had Aly Darussalam Blokagung Banyuwangi tahun 2021, diterima di salah satu perguruan tinggi di Jember. Santri yang berasal dari Gresik ini diterima sebagai mahasiswa pascasarjana jurusan Ilmu Ekonomi Islam. Takhasus Ma’had Aly Blokagung sendiri adalah tasawuf wa ulumuh.

“Sempat ditanya akreditasi, alhamdulillah Ma’had Aly kami kan sudah diakreditasi.” kata Zainul Mun’im Hasan, salah satu muhadlir atau pengajar di Ma’had Aly Blokagung.

Akreditasi Ma’had Aly Indonesia sendiri tertuang dalam Keputusan Menteri Agama RI nomor 598 tahun 2020 tentang Penilaian dan Evaluasi Penyelenggaraan Ma’had Aly

Leave a Reply

Your email address will not be published.