February 24, 2024

Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) akan menyelenggarakan Kegiatan Silaturahim Nasional AMALI ke-VI pada tanggal 2-4 Maret 2023 di Ma’had Aly Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin, Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi strategis terbentuknya Standar Nasional Ma’had Aly (SNMA), merumuskan Standar Nasional Kurikulum Ma’had Aly berdasarkan bidang keilmuan (takhassus), menyiapkan sistem dan tahapan asesmen dan evaluasi Ma’had Aly secara nasional pada tahun 2023, serta membangun sinergitas dan konektivitas antar penyelenggara pemerintahan dalam menfasilitasi keberadaan Ma’had Aly.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber yang dihadirkan antara lain KH. Musthofa Bisri, KH. Bahaudin Nur Salim Al-hafidz, KH. Yaqut Cholil Qoumas, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T., Prof. Dr. Waryono Abdul Ghofur, MA., Dr. KH. Abdul Ghoffar Rozin, M.Ed, dan Drs. H. Nurul Huda, M.Pd.

Beberapa materi yang akan dibahas dalam kegiatan Silaturahim Nasional AMALI ke-VI antara lain afirmasi dan fasilitasi negara terhadap pendidikan tinggi pesantren (Ma’had Aly), integrasi dan koneksi pangkatan data Ma’had Aly dan pendidikan tinggi, diseminasi hasil Bathsul Masail Qonuniah (regulasi) Standar Nasional Ma’had Aly, pengembangan standar kurikulum Ma’had Aly berbasis rumpun ilmu dan penguatan konsorsium keilmuan Ma’had Aly, serta pengembangan sistem evaluasi dan asesmen Ma’had Aly.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih bagi pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan pesantren. Salah satu target dari kegiatan ini adalah terbitnya regulasi Standar Nasional (SNMA) Ma’had Aly, terwujudnya Standar Nasional Kurikulum Ma’had Aly berdasarkan bidang keilmuan (takhassus), terselenggaranya asesmen dan evaluasi Ma’had Aly secara nasional pada tahun 2023, serta terbangunnya sinergitas dan konektivitas antar penyelenggara pemerintahan dalam menfasilitasi keberadaan Ma’had Aly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *