March 26, 2023

Selama bulan Februari BAZNAS melalui mentor Beasiswa Cendekia BAZNAS Ma’had Aly melakukan pendampingan bagi para peserta beasiswa BAZNAS Ma’had Aly. 48 mentor melaksanakan pembinaan dengan kurikulum yang telah disusun oleh BAZNAS setidaknya 97,01% dari 923 peserta beasiswa hadir dalam pembinaan ini baik secara daring maupun luring.

Pada bulan ini Mahad Aly Darul Munawwarah Aceh, As’adiyah Sengkang Sulawesi Selatan, Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Hasyim Asy’ari Tebuireng, Nurul Burhany Demak, Al Zamacsyari Malang, Maslakul Huda Pati, Idrisiyah Tasikmalaya, Ta’mirul Islam Surakarta, Al Fithrah Surabaya, Al Hasaniyyah, Senori Tuban, Raudhatul Muhibbin Bogor, MA Attarmasi Pacitan Jawa Timur melaksanakan pembinaan dengan tema terkait fiqih zakat dengan referensi kitab dari masing-masing Ma’had Aly.

Salah satu peserta dari Ma’had Aly Al Hikamus Salafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon M. Rizki Ismail membuat suatu gagasan penting dalam studi pengelolaan zakat di masa modern. Ia menulis essay tentang studi fikih zakat dengan mengomparasikan berbagai mazhab fikih. Bermula dari kepedulian sosial melihat berbagai macam problematika di masyarakat terutama kaum muslimin hari ini di Indonesia yang mulai salah mengartikan prihal materi hingga terjadi hirarki dengan acuan materi menjadi latar belakang penulisan esaay berjudul “Rekonstruksi Zakat”.

Ma’had Aly Al Hikmah Brebes melaksanakan kegiatan mentoring secara daring melalui akun google meet masing-masing peserta dan mentor. Pembinaan secara daring di lakukan karena aktifitas metor yang berada di luar kota. Kegiatan berupa dauroh ilmiyah dengan tema “Merenungi penciptaan langit dan alam semesta”. Metode yang digunakan adalah peserta yang membaca kitabnya, mentor yang menjelaskan isinya. Para mahasiswa begitu fokus dan antusias dalam mengikuti mentoring ini. Ayat demi ayat di tadabburi bersama dengan penuh penghayatan.

Ma’had Aly Rosyidiyah Kholidiyah Kalimantan Selatan melaksanakan pembinaan terkait materi pendampingan mengenai teknik-teknik penulisan yang diharapkan para peserta bisa menulis dan memosting tulisan tulisan yg bersifat positif di sosial media. Selain itu pendamping juga menambahkan tentang materi tentang bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan dengan tema “Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku”. Terakhir pendamping memberi tugas untuk peserta membuat tulisan yg berkaitan dgn bulan Rajab.

Serupa dengan Ma’had Aly Rosyidiyah Kholidiyah Kalimantan Selatan, Ma’had Aly Al Falah Ploso melakukan pembinaan terkait penulisan dengan memahami teknik menulis karya ilmiah sebagai persiapan para peserta menulis tugas akhir mereka di Ma’had Aly. Di Ma’had Aly Krapyak Yogyakarta kegiatan pembinaan peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS adalah diskusi Kitabus Shiyam, sebuah kitab berbahasa arab karya ulama krapyak, K.H. Zaenal Abidin Munawwir. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah 26 mahasantri Ma’had Aly Krapyak Yogyakarta.

Mentor menjadi ujung tombak BAZNAS dalam menjalakan pembinaan bagi para peserta beasiswa BAZNAS, melalui pembinaan ini BAZNAS berharap dapat meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang berkarakter islami dan menjawab permasalahan-pemasalahan yang hadir di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *