February 24, 2024

Ma’had Aly Al Fithrah Surabaya kembali menorehkan prestasi dalam Bidang Akademik. Kali ini, jurnal ilmiah di bawah LPPM Ma’had Aly (MAY) Al Fithrah dengan nama “Putih: Jurnal Pengetahuan tentang Ilmu dan Hikmah” meraih akreditasi baru Science and Technology Index (SINTA) 5 dari Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Ini berdasarkan Surat Keputusan akreditasi periode I Tahun 2023 yang tercatat mulai dari Vol. 06, No. 1 tahun 2021 sampai Vol. 10 No. 2 tahun 2025, Senin (24/07).

Tak dapat dipungkiri, jurnal Putih ini merupakan jurnal Ma’had Aly yang pertama kali meraih akreditasi SINTA. Sehingga, hal ini menunjukkan, Ma’had Aly atau perguruan tinggi yang berbasis pesantren pada dasarnya memiliki nilai riset dan penelitian yang tinggi. Oleh karenanya, perlu untuk terus dikembangkan dengan menyesuaikan perkembangan dan tantangan zaman yang semakin kompleks.

Hal diatas seperti yang ditegaskan oleh Direktur PD Pontren, sekaligus sebagai apresiasi terhadap jurnal Putih. “Karya tulis di jurnal merupakan pembuktian atas rekognisi intelektual atas penulisnya yg sudah selayaknya diapresiasi, apalagi ditulis akademisi Ma’had Aly, sebagai lembaga pengkaderan ulama”. Ungkap Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag. Selasa, (01/08).

Sementara itu, Ungkapan apresiasi juga diberikan oleh KH. Nur Hannan, L.C, M.H.I selaku Ketua Asosiasi Mahad Aly Indonesia (AMALI) “Selamat atas capaian akreditasi SINTA 5 untuk jurnal Ma’had Aly Al Fithrah. Prestasi ini adalah bukti kualitas dan dedikasi seluruh civitas akademika dan tim redaksi serta para peneliti yang terlibat dalam jurnal. Semoga jurnal ini terus memberikan kontribusi besar dalam dunia ilmiah. Selamat untuk seluruh civitas akademika dan tim yang telah bekerja keras untuk mencapai prestasi ini, semoga dapat menjadi motivasi bagi Ma’had Aly yang lainnya”.

Achmad Imam Bashori M.Th.I, selaku Mudir Ma’had Aly Al-Fithrah beserta jajarannya merasa bangga atas capaian yang diperoleh jurnal Putih MAY Al-Fithrah. “Kami bangga atas pencapaian ini, dan sangat mengapresiasi tim pengelola jurnal Putih ini. Tentunya ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk terus mengembangkannya lagi” Ungkapnya. Selasa, (01/08).

Harapannya, ini juga menjadi motivasi bagi Ma’had Aly yang lain untuk semangat berkompetisi dalam riset dan penelitian. Tujuannya agar pemikiran dari perguruan tinggi pesantren yang bagus ini bisa dibaca lebih luas di kalangan akademisi” lanjut Dr. Achmad Imam Bashori M.Th.I.

Sementara dari Ketua LPPM Ma’had Aly Al Fithrah, M. Abdullah Bachanan M.Pd, memberikan apresiasi serta kesan dan pesan dalam pengelolaan jurnal Putih  “Alhamdulillah, saya bangga dan mengapresiasi semua yang bekerja di tim pengelola Jurnal Putih Ma’had Aly Al Fithrah ini. Tentunya ini bukan perjuangan yang mudah, karena harus mempersiapkan dan me-manage dengan se-disiplin mungkin”. Ungkapnya.

“Memang, saat ini perguruan tinggi pesantren telah berhasil mencetak generasi yang baik dan berbagai buku yang bermanfaat, namun alangkah baiknya jika diaplikasikan juga dalam riset dan penelitian. Semoga Ma’had Aly yang lain bisa selalu mengembangkan kualitas jurnalnya, termasuk ma’had aly Al Fithrah ini juga, Aamiin” Tutup Ketua LPPM Ma’had Aly Al Fithrah tersebut.

Zidan Syahrul Akbar S.Ag. (Alumni Mahad Aly Al Fithrah Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *